[Bagian ini ditambahkan oleh john Allen]
Semua sepeda memiliki frekuensi resonansi di mana mereka cincin (berosilasi) dengan cara yang berbeda. Anda dapat mendengar bunyi dering tabung logam jika Anda menekan dengan kuku, tetapi resonansi di bawah kisaran terdengar paling mempengaruhi nuansa sepeda. Misalnya, "goyangan kecepatan" yang telah disebutkan adalah frame berdering di torsi sebagai kepala tabung miring relatif terhadap segitiga belakang, senang dengan roda depan kembali yang sedikit ke kanan dan kiri
. Hal ini umumnya lebih buruk dengan bingkai lebih tinggi, karena segitiga depan kurang kaku di torsi, dan frekuensi resonansi yang lebih rendah. Resonansi juga dapat mempengaruhi merasakan ketika akan lebih dari benjolan. Dua frame yang sama-sama kaku mungkin merasa berbeda jika mereka beresonansi pada frekuensi yang berbeda.
Redaman adalah kecenderungan dering untuk mati. Semua frame logam memiliki redaman sangat rendah - mereka cincin cukup lama untuk menghasilkan nada yang jelas. Sebuah bingkai serat karbon akan memberikan suara membosankan jika ditekan, karena serat karbon memiliki lebih redaman dari logam. Hal ini dapat mempengaruhi merasakan sampai tingkat tertentu, meskipun jauh lebih sedikit di frekuensi rendah yang mempengaruhi bingkai merasa.
Karet dan daging keduanya sangat teredam - dan sehingga terbesar redaman dalam sistem / pengendara sepeda sejauh ini adalah di ban dan tubuh pengendara, kecuali sepeda telah suspensi.
Sebuah garpu suspensi atau bingkai adalah sistem resonansi yang sangat teredam - jika tidak teredam, itu akan bergerak naik turun berulang kali setelah setiap benjolan. Suspensi, jelas, memiliki pengaruh besar pada nuansa sepeda. Suspensi juga menambahkan berat, mempengaruhi merasakan.
suspensi sepeda modern kebanyakan agak kaku, dimaksudkan untuk melindungi pengendara dan sepeda terhadap dampak keras, dan meminimalkan "pogo menempel" karena mengayuh keluar dari pelana. Menariknya, penelitian terbaru yang dipublikasikan di Sepeda Triwulan majalah menunjukkan bahwa pilihan ban dan tekanan ban mencapai lebih banyak perbedaan dengan nyaman di test ride pada gemuruh strip dari suspensi garpu depan! Alasan utama adalah bahwa: berat unsprung bagian kecil dari ban yang flexes yang kecil, sedangkan yang dari roda dan garpu substansial. Sebagai pengendara tidak kaku terhubung ke sepeda, berat bermunculan secara proporsional lebih kecil.
Dimana Comfort Datang Dari
- Ban pilihan. Lebih luas, ban lebih lembut membuat perbedaan lebih untuk naik kenyamanan daripada ada hubungannya dengan frame. Sayangnya, banyak motor sport baru yang buruk dirancang ketika datang ke clearance ban. Selama dekade terakhir atau lebih telah ada mode untuk membangun bingkai dengan clearance ban sangat ketat, meskipun tidak ada keuntungan apapun kinerja sedemikian desain. sepeda tersebut tidak dapat menerima apa-apa kecuali ban super kurus, dan, sebagai hasilnya, tidak ada cara mereka pernah dapat benar-benar nyaman. Lihat saya Artikel tentang Ban
- Saddle pilihan. Lihat saya Artikel tentang Sadel .
- Frame geometri. Umumnya, bingkai dengan lama chainstays , dan kurang tabung vertikal-kursi dan kepala-tabung sudut lebih nyaman. Ini tidak membuat mereka lebih lambat, tetapi dapat mengurangi gerak (juga dikenal sebagai twitchiness.)
- Rider posisi dan teknik dalam mengendarai lebih dari benjolan. Lihat saya Artikel tentang Nyeri dan Bersepeda
- Suspensi, jika sepeda memilikinya. Sebuah pelana bermunculan atau seatpost suspensi juga dapat membuat perbedaan besar.
0 komentar:
Posting Komentar